Kota Tangerang-Prudent School, Masuk sekolah setelah libur panjang memang kadang bikin semangat menurun. Namun, jangan biarkan hal ini mengganggu aktivitasmu dalam belajar ya. Oleh karena itu, yuk simak beberapa tips  agar kamu bisa kembali semangat belajar setelah libur panjang.

1. Ciptakan suasana belajar yang senyaman mungkin

Walaupun terlihat sederhana, menciptakan suasana belajar ternyata juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan semangat belajar. Cara menciptakan suasana yang nyaman untuk belajar bagi setiap siswa bisa berbeda. Namun, umumnya suasana belajar yang nyaman bisa diciptakan dengan membersihkan meja belajar dari semua barang yang tidak akan menunjang proses pembelajaran. Selain itu, bila perlu kamu juga bisa menggunakan air humidifier atau alat penjernih udara agar udara kamar menjadi lebih segar. Tapi hal ini hanya bisa kamu terapkan saat sedang school from home.

2. Tentukan skala prioritas

Jika setelah masuk kembali ke sekolah, ada banyak tugas atau pekerjaan rumah yang harus kamu kerjakan, jangan ragu untuk membuat skala prioritas  ya. Caranya dengan menuliskan di buku catatan, tugas apa saja yang sangat mendesak untuk dikerjakan dan tuliskan juga durasi serta kapan deadline dari setiap tugas. Setelah itu, kamu bisa mengerjakan pekerjaan yang sudah akan mendekati deadline terlebih dahulu. Meskipun terlihat sederhana, faktanya hal ini benar-benar efektif untuk meningkatkan semangat belajar.

3. Jalani pola hidup sehat

Jangan lupa juga untuk selalu menjalani pola hidup sehat ya. Misalnya dengan mengonsumsi makanan sehat (seperti buah dan sayur), tidur yang cukup, olahraga yang teratur, dan cukupi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi 2,5 liter air putih setiap hari. Karena hal ini benar-benar telah terbukti efektif bermanfaat untuk meningkatkan semangat belajar.

4. Sisipkan waktu istirahat saat belajar

Menyisipkan waktu untuk istirahat sejenak di tengah padatnya aktivitas ternyata sangat bermanfaat untuk mengurangi stres. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengambil istirahat singkat setiap 3 jam sekali saat belajar. Durasi istirahatnya juga gak perlu lama, yaitu 5-10 menit untuk sekedar bersantai dan membuka media sosial atau membaca buku juga sudah cukup untuk membuat meningkatkan semangat belajarmu.

5. Mendengarkan musik saat belajar

Mendengarkan musik saat belajar ternyata bisa bermanfaat untuk membuat tubuh dan pikiran lebih rileks, sehingga secara tidak langsung semangat belajarmu juga akan meningkat. Karena kamu bisa menjadi lebih mudah memahami materi pelajaran. Jadi, gak ada salahnya jika mulai sekarang kamu belajar sambil mendengarkan musik favorit. Namun, hal ini hanya bisa diterapkan saat kamu sedang belajar sendiri ya. Jika kamu tidak suka mendengarkan lagu, kamu bisa alunan suara alam di aplikasi handphone. Namun, jangan memaksakan diri untuk mendengarkan musik saat belajar jika kamu tidak suka ya. Karena pada dasarnya setiap siswa memiliki kebiasaan masing-masing.

6. Belajar bersama teman

Sesekali tidak ada salahnya juga kok untuk belajar bersama teman-teman. Karena kadang saat belajar materi pelajaran yang dipelajari bisa dengan lebih mudah dikuasai. Saat school from home atau sekolah dari rumah seperti sekarang kamu tetap bisa belajar bersama teman kok, caranya dengan menggunakan Zoom atau Google Hangout. Agar belajar bersama teman terasa lebih maksimal, batasi jumlah teman yang ingin diajak belajar bersama, maksimal lima orang saja ya. Karena belajar dengan jumlah orang yang banyak justru bisa mengganggu proses konsentrasi dan belajarmu. Selain itu, belajar bersama teman benar-benar telah terbukti bermanfaat untuk meningkatkan semangat belajar. Sehingga kamu bisa kembali belajar dengan sebaik mungkin.

7. Cerita dengan orang terdekat

Kadang salah satu hal yang menyebabkan kamu kurang semangat belajar adalah karena ada masalah yang mungkin sedang kamu hadapi. Jika hal ini terjadi, jangan simpan masalahmu sendiri ya. Karena kadang ada kalanya kamu harus berbagi sedikit keluh kesah yang kamu rasakan kepada orang terdekat yang kamu percaya. Misalnya keluarga, sahabat, atau pasangan. Coba ceritakan semua hal yang membuat kamu kurang semangat saat belajar ke orang terdekat.

Sumber : pijar.info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai chat
Ada yang bisa kami bantu?
Semangat Pagi, Sahabat Prudent ada yang bisa kami bantu? PPDB 2023/2024 sudah dibuka yuk tanya admin lebih lanjut 😉