Apa itu TKJ?

 Teknik Jaringan Komputer atau sering disingkat TKJ adalah sekolah kejuruan khusus yang mempelajari  cara merakit komputer, jaringan dasar, dan komponen perangkat keras komputer.

 Selain itu, sebagai  jurusan TKJ, Anda juga akan belajar cara menginstal sistem operasi, memecahkan masalah komputer pribadi (PC), membuat jaringan area lokal (LAN),  dan mendesain website dan banyak hal lainnya.semakin.

 Maka anda siap untuk dapat mengatur jaringan komputer baik itu jaringan komputer di rumah, di kantor, antar kantor, antar kota dan antar negara.

Happy technician feeling excited while carrying a repaired CPU computer to give it to a customer at his repair shop

 Keunggulan TKJ

Setiap bisnis memerlukan jaringan komputer. Biasanya, bisnis menggunakan jaringan komputer jenis LAN yang memungkinkan satu komputer terhubung ke computer lain.

 Inilah sebabnya, sebagai orang yang mepelajari LAN, banyak perusahaan yang membutuhkan Anda.

Selain itu, manfaat lain yang bisa diperoleh jika mengambil spesialisasi TKJ adalah peningkatan kemampuan dalam pengembangan hardware, reparasi komputer dan membuka usaha di bidang jaringan, serta memperluas kepekaan terhadap perkembangan Teknologi.

 Wah wah semakin tertarik  dengan jurusan TKJ?

 Kalau iya, yuk kita bahas mata pelajaran di jurusan ini lebih dalam!

  Belajar apa di jurusan TKJ?

 Di jurusan TKJ Anda akan menemukan material yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

 Berikut beberapa mata pelajaran yang akan Anda temui dalam jurusan ini:

1.Komputer dan Jaringan Dasar

  Dalam pelajaran ini, Anda akan mulai mempelajari dasar komputer dan jaringan, dimulai dengan pengenalan tentang perangkat keras komputer dan pengembangan jaringan dan bagian-bagian yang berkaitan dengan kinerja komputer.

 2. Pemrograman Dasar

Pada topik Pemrograman Dasar, Anda akan belajar coding.

 coding sendiri merupakan kode yang bertindak sebagai perantara antara komputer dan pengguna.

 Melalui pengkodean, komputer  mengetahui apa yang harus dilakukan.

 Dengan keterampilan coding, Anda dapat membuat aplikasi dan situs web serta memproses data.

 3. Administrasi Infrastruktur Jaringan

Pada pelajaran ini, Anda akan diajarkan untuk mengidentifikasi jenis konfigurasi jaringan, seperti Cisco dan Mikrotik.

 Selain itu, Anda juga akan belajar tentang konfigurasi server.

 4. Teknologi jaringan berbasis luas

Sebagai siswa TKJ harus mampu mengenali kerusakan komputer dan mengetahui cara memperbaikinya.

 Jadi, Anda benar-benar perlu memahami topik ini.

 Selain itu, pada pelajaran Teknologi Jaringan Area Luas, Anda juga akan mempelajari cara membuat jaringan, seperti Jaringan Area Lokal, Jaringan Area Lebar (WAN), dan Internet.

 5. Simulasi dan Komunikasi Digital

Dengan mempelajari simulasi dan media digital, Anda akan memahami peran dan manfaat teknologi sehingga Anda dapat memanfaatkannya secara efektif dan efisien.

 Beberapa materi yang akan Anda temui dalam pelajaran ini melibatkan logika dan algoritma komputer, pengoperasian perangkat lunak pengolah bilangan, komunikasi jaringan, dan banyak lagi.

 6. Teknologi Layanan Jaringan

Dengan pelajaran ini, Anda dapat memahami cara merancang dan membuat layanan jaringan.

Rephrase

 Selain itu, Anda juga akan mempelajari cara membuat layanan jaringan yang dapat digunakan untuk berbagai perangkat.

Peluang Kerja di jurusanJurusan TKJ

 1. Teknisi Komputer

Mempelajari Jurusan TKJ membantu kamu menjadi ahli di bidang komputer sehingga teknisi komputer bisa menjadi salah satu pilihan karir masa depan kamu

 Teknisi IT saat ini banyak diminati karena banyak perusahaan  bahkan UMKM yang  melakukan transformasi operasional secara digital.

 Oleh karena itu, dunia industri diperkirakan akan membutuhkan lebih banyak lagi teknisi komputer untuk melakukan perawatan pada komputer perusahaan.

 2.teknisi Jaringan

juruasb TKJ tidak hanya mempelajari teori perangkat keras komputer saja, namun juga mempelajari cara membuat LAN, WAN, WiFi atau pengaturan jaringan lainnya.

 Di era digital saat ini, setiap bisnis tentunya menggunakan Internet sebagai faktor penting dalam operasional bisnisnya.

 Oleh karena itu, teknisi jaringan merupakan peluang karir bagi lulusan sekolah kejuruan khusus TKJ.

 3. Administrasi Server

Administrasi Server bertanggung jawab untuk mengendalikan, mengelola, dan mengamankan akses  jaringan dan sumber daya di server.

 Sebagai lulusan SMK TKJ, pemeliharaan dan administrasi server bukanlah hal yang asing lho.

 Lulusan SMK dibiasakan mempelajari cara membangun dan mengkonfigurasi server dengan sistem operasi yang berbeda-beda sehingga setelah lulus siap menjadi administrator server yang mampu mengelola berbagai sistem operasi jaringan  kecil dan menengah.

 4. Programmer

Perkembangan teknologi telah mendorong tumbuhnya banyak  startup di Indonesia.

 Hal ini menyebabkan permintaan terhadap programmer semakin meningkat.

 Jika Anda bekerja sebagai programmer, Anda akan menulis kode yang dapat digunakan untuk membuat sistem aplikasi atau mengembangkan aplikasi.

 Siswa lulusan SMK TKJ sudah mengetahui pengetahuan dasar bahasa pemrograman yang akan dibekali untuk  berkarir sebagai programmer.

 5. Web Developer

 Internet kini sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang di Indonesia dan dunia.

 Masyarakat cenderung lebih memilih mencari informasi/melakukan berbagai hal secara langsung di Internet dibandingkan secara langsung.

 Hal ini dimanfaatkan oleh banyak perusahaan untuk meningkatkan citra mereka di Internet sebagai situs web yang berisi informasi tentang produk, layanan, tempat liburan, dll.

 Hal ini menciptakan kebutuhan bagi pengembang web untuk membuat situs web mereka.

 Lulusan SMK dapat menjadi bagian dari profesi ini dengan membuka layanan pengembangan web mandiri atau bekerja di perusahaan.

 6. Data Entry

Lulusan SMK TKJ juga bisa menjadi data entry suatu perusahaan.

 Entri data adalah pekerjaan yang membantu bisnis mengubah data fisik menjadi data digital yang dapat diproses oleh perangkat lunak.

 Anda dapat bekerja sebagai petugas entri data di perusahaan ritel, keuangan,  kesehatan, pemerintahan, atau transportasi.

 Selain itu, Anda juga bisa bekerja sebagai freelancer entri data.

 7. IT Support

Keahlian di bidang IT saat ini sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam setiap perusahaan.

 Salah satunya adalah profesi IT support. IT support adalah teknisi dalam suatu perusahaan yang tugasnya menginstal, mengevaluasi, dan meningkatkan pengembangan perangkat lunak, komputer, dan sistem jaringan. Anda tidak perlu kuliah untuk mendapatkan pekerjaan ini, beberapa perusahaan lebih menghargai keterampilan daripada gelar. Lulusan SMK TKJ yang akrab dengan dunia industri akan berpeluang besar  menjadi tenaga pendukung IT.

 Jika Anda ingin masuk ke sekolah kejuruan khusus teknik komputer dan jaringan, Anda dapat memilih SMK Nusantara1 Kota Tangeran sebagai pilihan utama Anda.

SMP-SMA-SMK NUSANTARA1 KOTA TANGERANG Pilihan Tepat untuk Masa Depan Hebat dibawah naungan Yayasan Pendidikan Abdi Negara berdiri sejak Tahun 1981 KONSISTEN menyelenggarakan kegiatan pendidikan “Titipan Ilahi Bagi Generasi”

Sekolah Nusantara 1 Terakreditasi “A” dengan Program Tahsin/Tahfidz Al-Qur’an, lingkungan Asri, Aman, Nyaman & Religius, Sarana & Prasarana lengkap, ruang belajar Full AC, didampingi Dewan Guru Profesional, Berdedikasi Tinggi dan Berkompeten dibidangnya, menerapkan Pembelajaran Digipreneur Smart School dalam #satugenggaman Prunus DigiApps.

 Sumber: www.quipper.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai chat
Ada yang bisa kami bantu?
Semangat Pagi, Sahabat Prudent ada yang bisa kami bantu? PPDB 2024/2025 sudah dibuka yuk tanya admin lebih lanjut 😉