Kota Tangerang-Prudent School

Kota Tangerang-Nusantara1

Teknologi berkembang semakin pesat. Tidak terkecuali di bidang pendidikan. Apa saja teknologi canggih di sekolah yang bisa segera kita gunakan?

Learning Education Ideas Insight Intelligence Study Concept
Teenager dressed in a white t-shirt using virtual reality glasses with graph charts, numbers, lines. Technology concept.

Teknologi yang berkembang pesat juga turut memberi dampak pada dunia pendidikan. Berbagai hal baru mulai bermunculan untuk membantu kemudahan proses belajar mengajar. Apa saja teknologi canggih di sekolah yang akan segera menjadi mainstream dalam waktu dekat?

  1. Program Mengajar Berbasis Artificial Intelligence (AI)
    Salah satu institusi pendidikan yang sudah menerapkan AI adalah University of New South Wales. Di sana, robot bernama Question Bot rancangan David Kellerman diprogram untuk memberikan jawaban atas pertanyaan siswa. Robot ini juga dapat mengirimkan video pembelajaran.
  2. Gamifikasi
    Melibatkan permainan dalam proses belajar mengajar dapat menarik perhatian siswa secara penuh dan membuat mereka senang dengan pembelajarannya. Oleh sebab itu, semakin banyak pengajar yang menerapkan permainan dalam pembelajaran seperti menggunakan website berbasis game.e.
  3. Penggunaan VR untuk Pembelajaran Teknologi
    Virtual Reality saat ini memang paling ramai digunakan untuk bermain games. Tapi tidak ada yang menampik bahwa VR bisa jadi salah satu teknologi canggih di sekolah. Bayangkan saja mengajarkan sejarah dengan ‘membawa’ anak didik ke tempat yang ingin dipelajari. Selain lebih menyenangkan, mereka akan lebih mudah memahami materi.
  4. Media Penyimpanan Materi Berbasis Cloud
    Sistem penyimpanan berbasis cloud atau awan tidak hanya digunakan di perusahaan-perusahaan. Banyak sekolah mulai mengintegrasikan penyimpanan data mulai dari tugas dan materi pembelajaran lewat sistem ini. Selain bisa diakses oleh siapa saja dan di mana saja, penyimpanan cloud mencegah data hilang akibat kerusakan perangkat.
  5. Platform E-learning Inovatif
    Selanjutnya yang bisa dimanfaatkan adalah adanya platform E-Learning inovatif seperti pada Jelajah Ilmu. Acer bekerjasama dengan mySecondTeacher (mysecondteacher.com) menawarkan solusi pendidikan yang komprehensif untuk dunia pendidikan dalam bentuk Learning Management System yang menggabungkan standard international mySecondTeacher yang diadopsi ke bahasa dan kurikulum Indonesia, dapat diakses di situs Jelajah Ilmu (jelajahilmu.com). Selain itu Jelajah Ilmu juga terhubung dengan berbagai sumber belajar mengajar seperti Video Interaktif, eTextbooks, eWorkbooks, eTeachersGuides, eTestpapers, dan masih banyak lagi.

Sumber : Guraru (Guru Era Baru)
Belajar itu Asyik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai chat
Ada yang bisa kami bantu?
Semangat Pagi, Sahabat Prudent ada yang bisa kami bantu? PPDB 2024/2025 sudah dibuka yuk tanya admin lebih lanjut 😉