Kota Tangerang-Prudent School, Kehadiran artificial intelligence (AI) memudahkan jenis pekerjaan tertentu, khususnya di bidang digital, seperti desain, penulisan, dan lainnya. Melansir ids.ac.i, AI merupakan inovasi baru dengan kecerdasan dan kemampuan berpikir serta bereaksi layaknya manusia. 

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak orang takut pekerjaannya akan tergantikan seiring dengan semakin canggihnya AI dan aplikasinya yang semakin berkembang. Seperti dikutip dari instiki.ac.id, teknologi AI yang sedang dikembangkan saat ini adalah Chat GPT. Teknologi ini merupakan chatbot yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan juga sangat populer belakangan ini. 

Mengutip sumber dari Business Insider, ada laporan perusahaan investasi Goldman Sachs yang memperkirakan bahwa teknologi AI di zaman sekarang ini akan berdampak pada 300 juta jenis pekerjaan secara global. Namun, bukan berarti semua pekerjaan akan digantikan oleh AI. Di puncak Forbes, berikut beberapa pekerjaan yang tidak bisa digantikan oleh AI. 

  1. Profesi Hukum
    Pekerjaan logis seperti di bidang hukum tidak boleh digantikan oleh AI. Untuk seorang pengacara, penelitian dan strategi dapat ditingkatkan dengan bantuan AI, tetapi bukan keterampilan presentasi. Jelas bahwa dalam penegakan hukum, algoritma dan aturan tidak dapat dengan mudah disesuaikan dengan konteks dan situasi tertentu, sehingga diperlukan keterampilan manusia di lapangan. 
  2. Keamanan Siber
    Ada orang di era ini yang masih ingin bisa mengalahkan teknologi. Jumlah serangan siber atau peretasan juga merupakan masalah yang meluas. Oleh karena itu, orang yang bekerja di bidang keamanan siber tidak dapat digantikan oleh AI, karena masih membutuhkan manusia, tentunya dilengkapi dengan peralatan teknologi.  
  3. Pilot
    Pesawat tanpa pilot manusia mungkin tidak masalah jika dalam keadaan yang normal, tetapi ketika terjadi masalah teknis, intuisi manusia tidak dapat digantikan oleh AI walaupun kecerdasan buatan memang dirancang untuk mengikuti protokol. Salah satu contohnya seperti dalam insiden pendaratan pesawat secara darurat yang kemudian diadaptasi menjadi film berjudul Miracle on the Hudson, keputusan dan intuisi Kapten Sully untuk mengabaikan protokol dan segera menyalakan daya bantu pesawat memungkinkannya mendaratkan pesawat dengan aman dan bisa menyelamatkan 155 penumpangnya.
  4. Artisan
    Pekerjaan berikutnya yang tidak dapat digantikan oleh AI adalah pekerjaan manual. Mengutip KBBI, seorang pengrajin adalah ahli membuat kerajinan tangan seperti barang fungsional atau dekoratif. Kebanyakan orang juga akan sangat menghargai unsur manusia dalam bekerja atau crafting. Beberapa orang bahkan akan membayar lebih untuk barang buatan tangan daripada barang buatan mesin. 
  5.  Dokter atau Pekerjaan di Bidang Medis & Kesehatan
    Meskipun orang sekarang dapat menggunakan teknologi ini untuk mengingatkan janji temu, menebus resep, mensurvei pasien, memeriksa tanda-tanda vital (menggunakan perangkat yang dapat dikenakan), mengkonsolidasikan catatan medis, dll. Namun, mengobati atau memberikan diagnosis, pengobatan, dan pembedahan merupakan tindakan yang tidak boleh dilakukan oleh AI. Oleh karena itu, profesi medis tidak dapat diganti, karena penyakit yang berbeda dapat memiliki gejala yang sangat mirip dan jika Anda menggunakan sistem AI otomatis, diagnosis yang diberikan mungkin berbeda atau mungkin tidak tergantung pada kondisi gejala yang ditimbulkannya. 
  6. Sales
    Sales atau penjualan juga tidak tergantikan. Hal ini dapat dilihat dari segi membangun hubungan, empati, dan pemecahan masalah, yang hanya dapat dilakukan oleh manusia. AI di area ini dapat digunakan untuk membantu pekerjaan administrasi yang membosankan dan membantu analisis data untuk memfasilitasi transaksi bagi pelanggan, tetapi tanpa keterampilan persuasi. 
  7. Pewawancara
    Meskipun teknologi telah maju, Anda tidak boleh menggunakan mesin untuk mewawancarai seseorang, baik untuk pekerjaan, sebagai pemasok, atau sebagai mitra bisnis. Orang-orang masih harus bekerja sama. Apalagi selama proses wawancara, Anda membutuhkan nuansa dan wawasan yang berasal dari penilaian pribadi, tidak secara otomatis seperti di AI. 
  8. Customer Care
    Layanan pelanggan juga akan sangat baik jika tidak digantikan oleh AI. Teknologi akan mempermudah layanan pelanggan bagi mereka, sehingga mereka dapat meluangkan lebih banyak waktu untuk membangun hubungan pelanggan. Saat pelanggan membutuhkan bantuan atau memiliki pertanyaan, mendapatkan perhatian pribadi akan membangun kepercayaan dan kredibilitas. Selain itu, setiap interaksi dengan pelanggan juga merupakan kesempatan untuk mempelajari lebih jauh target pasar perusahaan. 
  9. Manajemen Sumber Daya Manusia
    Apakah robot atau kecerdasan buatan menjadi lebih canggih, mereka masih jauh dari kesadaran manusia. Oleh karena itu, komponen personal dan emosional yang membentuk seorang manajer sumber daya manusia yang efektif harus dilakukan oleh manusia sehingga pekerjaan di lapangan tidak dapat digantikan. 

Sumber : https://bisnis.tempo.co/read/1739982/daftar-9-pekerjaan-yang-tidak-bisa-digantikan-artificial-intelligence?page_num=2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai chat
Ada yang bisa kami bantu?
Semangat Pagi, Sahabat Prudent ada yang bisa kami bantu? PPDB 2023/2024 sudah dibuka yuk tanya admin lebih lanjut 😉