Kota Tangerang-Prudent School, Workshop dan Seminar sebenarnya memiliki definisi dan tujuan yang berbeda. Sekilas ketiga kegiatan ini terlihat mirip, dan terkadang banyak orang yang menyebut atau salah mengartikan ketiga kegiatan tersebut. Ketiga kegiatan tersebut memiliki definisi, tujuan, manfaat, dan target audiens yang berbeda. Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan perbedaan antara seminar, pelatihan dan seminar sehingga Anda dapat memahami perbedaan dari ketiganya. Dengan memahami ketiganya, kami harap Anda dapat memilih aktivitas yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda nantinya. 

Workshop

Sebagian dari Anda mungkin sudah familiar dengan kegiatan ini. Lokakarya atau workshop merupakan suatu kegiatan dimana peserta bertujuan untuk mencari solusi untuk memecahkan suatu masalah. Dalam seminar kelas, narasumber sering menjelaskan teori dan konsep, threading logic menyatukan persepsi seluruh peserta sehingga permasalahan dapat dipecahkan, sehingga peserta dapat menemukan solusi yang diinginkan. 

Menurut beberapa informasi yang beredar, seminar bisa diadakan paling cepat 2 sampai 3 hari tergantung materi yang disampaikan. Lokakarya biasanya berlangsung sekitar 5 hingga 9 jam sehari, selalu tergantung kebutuhan dan jumlah materi yang disajikan.

Peserta workshop seringkali adalah mereka yang sedang dalam tahap serius mendalami bidang yang dibahas, karena dalam workshop tidak hanya penyampaian materi tetapi juga going beyond yaitu dalam bentuk kehidupan nyata.berlatih memecahkan masalah atau menemukan solusi untuk masalah yang dihadapi atau masalah yang dibahas dalam lokakarya. 

Seminar

Jika Anda berbicara tentang seminar, sekarang kita akan berbicara tentang lokakarya. Seminar banyak orang yang salah memahami kedua konsep ini karena dari segi kegiatan atau acara hampir sama tetapi sama sekali berbeda. Jika dalam workshop peserta harus memecahkan masalah yang muncul atau mencari solusi dari permasalahan yang dibahas dalam workshop, maka berbeda dengan workshop. Lokakarya umumnya hanya untuk tujuan informasi atau terbatas pada perkenalan. 

Pada umumnya seminar bertujuan untuk menabur ide atau benih ilmu baru, sehingga peran moderator menjadi sangat penting dalam sebuah seminar. Ide atau bibit ilmu yang telah dikomunikasikan oleh moderator pada umumnya dapat diuji lebih detail dengan mengikuti workshop. 

Acara konferensi biasanya lebih murah daripada acara konferensi. Waktu pelaksanaannya juga relatif lebih cepat dibandingkan dengan acara seminar dan pelatihan. Biasanya, seminar berlangsung sekitar 1-3 jam dan menyertakan presentasi singkat atau pengantar singkat atau rangkuman oleh moderator. 

Tujuan Acara 

Workshop : Mencari solusi dari permasalahan yang diangkat sebagai topik, peserta ditantang untuk mencari solusi melalui konsep yang disampaikan dalam workshop.
Seminar : Menyampaikan materi berupa informasi atau pengenalan program kepada peserta secara umum, tujuannya bisa untuk mengajak peserta. 

Dari kesimpulan di atas dapat kita pahami bahwa workshop dan seminar sebenarnya berbeda, baik dari segi tujuan. Dengan memahami perbedaan ini, kami harap Anda dapat memutuskan apakah akan menghadiri acara yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai chat
Ada yang bisa kami bantu?
Semangat Pagi, Sahabat Prudent ada yang bisa kami bantu? PPDB 2024/2025 sudah dibuka yuk tanya admin lebih lanjut 😉