Kota Tangerang-Prudent School, Jurusan multimedia merupakan salah satu jurusan SMK di bidang komputer yang mempelajari tentang penggunaan komputer guna untuk menyajikan data teks, suara, gambar, animasi, serta video yang dibuat semenarik mungkin.

Jurusan Multimedia atau MM adalah salah satu dari sekian banyak spesialisasi SMK. Jurusan multimedia ini merupakan sekolah menengah kejuruan dengan spesialisasi ilmu komputer yang mempelajari penggunaan komputer untuk menyajikan data teks, audio, gambar, animasi dan video dengan cara yang paling menarik mungkin dengan alat yang tersedia seperti Adobe Photoshop, CorelDraw, Freehand, Adobe After Efek dan lain-lain. Simak artikel ini jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang peluang kerja jurusan multimedia dan SMK. 

Mengenal Jurusan Multimedia 

Pada dasarnya, multimedia dibagi menjadi dua kategori yaitu multimedia linier dan multimedia interaktif. Multimedia linier adalah multimedia yang beroperasi tanpa seperangkat kontrol yang dapat digunakan oleh pengguna, seperti bioskop dan televisi. Sedangkan multimedia interaktif adalah multimedia yang dilengkapi dengan pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan pengguna, misalnya dalam pembelajaran game atau multimedia. 

Multimedia berdasarkan penggunaannya, ada 2 kategori kategori yaitu media multimedia dan produksi konten multimedia. Definisi komunikasi multimedia adalah penggunaan media dengan fungsi penerbitan informasi. Media yang digunakan adalah televisi, radio, game, musik, hiburan, tutorial, internet dan media cetak. Dengan komunikasi multimedia ini, lebih mudah bagi pengguna untuk mengirim dan mengambil informasi. 

Selanjutnya, produksi konten multimedia adalah penggunaan beberapa media yang berbeda seperti teks, animasi, audio, video, gambar (grafik) digabungkan untuk menghasilkan produk multimedia seperti musik, game, film, hiburan, dll. Media yang digunakan dalam Multimedia Content Production menggunakan media sebagai berikut :  

  • Media tulisan (Teks)
  • Media Suara (Audio)
  • Media Video
  • Media Gambar (Grafik)
  • Media Animasi
  • Media Efek Khusus (Special Effect)
  • Media Interaktif (Interactivity)

Peluang Kerja Jurusan Multimedia

  1. Web Designer
    Posisi ini membutuhkan kombinasi keterampilan desain dan pemrograman. Desain digunakan untuk membuat tata letak situs web sementara keterampilan pemrograman digunakan untuk membuat kode situs web. Perancang web juga bertanggung jawab untuk memperbarui konten dan desain
    situs web jika perlu. 
  2. Graphic Designer
    Desainer grafis atau desainer bertanggung jawab untuk membuat desain untuk publikasi di media cetak, website, poster, kemasan produk, dan membuat identitas visual untuk keperluan corporate branding perusahaan. Alur kerja biasanya dimulai dengan pengarahan yang diberikan oleh klien, direktur kreatif, atau manajer akun, dan desainer grafis mengembangkan ide kreatif berdasarkan pengarahan dan tujuan yang diberikan. Selain tantangan untuk menghasilkan ide kreatif, desainer grafis juga harus bisa bekerja cepat dengan deadline yang ketat. 
  3. Animator/Illustrator
    Kedua pekerjaan ini membutuhkan daya imajinasi. Illustrator menggabungkan seni, desain, dan kreativitas untuk membuat visualisasi asli untuk berbagai produk dan media. Biasanya setiap ilustrator memiliki ciri khas dan gaya tersendiri yang membedakan karyanya dengan ilustrator lainnya. Berbeda dengan animasi. Karya ini melibatkan seni membuat gambar bergerak atau animasi dalam dua dimensi (2D) atau tiga dimensi (3D). Hasil karya animator dapat digunakan untuk film, iklan, video, website, game dan banyak media lainnya. 
  4.  Interactive Media Designer
    Perancang media interaktif bertanggung jawab untuk membuat desain interaksi yang melibatkan teks, data, grafik, suara, animasi, dan efek visual lainnya. Pekerjaan ini diperlukan untuk membuat situs web, game, materi e-learning, dll. Peran ini seringkali mirip dengan software developer, sehingga tidak jarang mereka dituntut untuk membuat sebuah produk dengan melakukan coding dan menguji semua fungsionalitas dari produk yang dihasilkan. 
  5. Game Modeler/Designer
    Kecintaan pada game bisa mengarah pada pilihan karir, salah satunya menekuni pekerjaan sebagai game modeler atau game designer. Posisi ini mencakup banyak area pekerjaan, seperti aturan, setting, skenario, karakter, properti, dan gameplay. 

    Sumber : Gamelab Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai chat
Ada yang bisa kami bantu?
Semangat Pagi, Sahabat Prudent ada yang bisa kami bantu? PPDB 2023/2024 sudah dibuka yuk tanya admin lebih lanjut 😉