Kota Tangerang, Prudentschool – Dunia terus berubah, dan seiring dengan itu, tren di dunia kerja juga terus berubah. Teknologi, peristiwa global, dan perubahan iklim mempunyai dampak signifikan terhadap kebutuhan dunia usaha dan pemerintah. Tentunya untuk bisa sukses, Anda harus mampu beradaptasi dengan segala perubahan yang ada. Pada artikel kali ini tim Prunus Media membagikan 8 keterampilan yang akan dibutuhkan di dunia kerja pada tahun 2024 dan seterusnya. Sebagai pelajar internasional, penting untuk memikirkan prospek karir Anda ketika memilih program studi dan negara tujuan.
Mengetahui keterampilan dan karier apa yang Anda butuhkan akan membantu Anda memutuskan rencana studi Anda.

1. Komunikasi

Keterampilan komunikasi yang baik tidak hanya mencakup berbicara secara efektif, tetapi juga kemampuan mendengarkan secara aktif, beradaptasi dengan lawan bicara, memberi dan menerima jawaban, serta memahami bahasa tubuh. Komunikasi yang kompeten diperlukan untuk semua bentuk komunikasi, termasuk lamaran, wawancara, rapat, email, dan konferensi video. Komunikasi adalah keterampilan yang sangat penting dalam semua jenis pekerjaan dan posisi.

2. Kecerdasan Emosional

Mengenali dan memahami emosi Anda sendiri dan pengaruhnya terhadap orang-orang di sekitar Anda adalah keterampilan yang penting untuk dipelajari.
Kecerdasan emosional yang baik memungkinkan Anda memiliki keterampilan komunikasi, pemecahan masalah, dan manajemen yang lebih baik. Selain itu, keterampilan ini juga akan membantu Anda membangun hubungan yang lebih baik dengan kolega dan pelanggan. Kecerdasan emosional juga diperlukan dalam semua profesi, terutama dalam peran sumber daya manusia, manajemen, dan kepemimpinan. Penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional adalah kunci kepemimpinan transformasional. Pemimpin transformasional memungkinkan kerja tim dengan fleksibilitas, etika kerja yang baik, dan peningkatan kepuasan kerja.

3. Fleksibilitas Kognitif

Fleksibilitas kognitif adalah kemampuan otak untuk beradaptasi dengan situasi dan peristiwa baru, berubah, atau tidak direncanakan.
Ini juga disebut kemampuan untuk beralih dari satu tugas ke tugas lainnya. Hal ini membutuhkan fleksibilitas otak dan proses mental (kognisi). Keterampilan ini sangat berguna dalam pekerjaan yang memerlukan keterampilan pemecahan masalah yang kompleks atau peran yang melibatkan pengambilan keputusan dan perencanaan strategis.
Sebagian besar posisi yang terkait dengan fungsi kepemimpinan dan manajemen memerlukan fleksibilitas kognitif, seperti halnya pekerjaan di industri kreatif dan layanan kesehatan.

4. Membuat Keputusan

Kemampuan untuk membuat keputusan penting yang berdampak pada individu, organisasi, ataupun bisnis sangat penting dalam hal personal dan profesional. Ada beberapa profesi yang sangat membutuhkan kemampuan kemampuan ini, antara lain:

5. Coding

Coding adalah penggunaan bahasa pemrograman untuk menginstruksikan sistem komputer untuk melakukan suatu tugas. Orang yang membuat program terkadang disebut insinyur perangkat lunak, pengembang perangkat lunak, atau pemrogram komputer. Meskipun terdapat perbedaan antara ketiga nama tersebut, namun umumnya digunakan secara bergantian.
Keterampilan pemrograman sangat penting ketika mengembangkan perangkat lunak baru yang banyak digunakan oleh sektor swasta dan pemerintah di berbagai bidang seperti kesehatan dan pendidikan.

Beberapa jenis pekerjaan yang membutuhkan skill coding adalah:

  • Web Developer
  • Mobile App Developer
  • Game Scientist
  • Game Developer

6. Analisis Data / Data Analytics

Kemampuan analisis data dianggap sebagai salah satu keterampilan terpenting yang dibutuhkan pada tahun 2024 dan diperkirakan akan terus dibutuhkan di tahun-tahun mendatang.
Analis data bertugas mengumpulkan dan mengubah data untuk berbagai tujuan, termasuk memecahkan masalah dan melaksanakan rencana. Analisis data (analis data) diperlukan di berbagai bidang, mulai dari bisnis, akademisi, hingga pemerintahan.
Jika Anda tertarik menjadi analis data, Anda bisa menjadi analis data senior atau melangkah lebih jauh dengan mengambil spesialisasi di bidang apa pun dan menjadi ilmuwan data.

7. Cloud Computing

Sederhananya, komputasi cloud adalah penyampaian layanan komputasi seperti server, penyimpanan, basis data, jaringan, perangkat lunak, analitik, dan informasi melalui Internet (cloud) untuk menghadirkan inovasi yang lebih cepat, sumber daya yang fleksibel, dan ekonomi.
menyediakan Bisnis dapat mengurangi biaya operasional hanya dengan membayar layanan cloud yang mereka gunakan, sehingga lebih mudah dan efisien dalam menjalankan bisnis mereka ketika ingin mengubah ukuran.
Mempelajari keterampilan komputasi cloudmemerlukan pembelajaran keterampilan pemrograman dan platform komputer. Selain itu, pengetahuan tentang administrasi sistem terintegrasi dan pemeliharaan jaringan dan basis data juga diperlukan.

Cloud computing dibutuhkan untuk pekerjaan berikut:

  • Cloud engineer
  • Cloud consultant
  • Cloud architect
  • Data scientist

8. Digital Marketing

Pemasaran digital menggunakan teknologi digital untuk membeli dan menjual produk.
Untuk memperoleh keterampilan ini juga diperlukan keterampilan pendukung lainnya, seperti pengetahuan analisis data, manajemen proyek, media sosial, copywriting, serta optimasi pelanggan dan mesin pencari (SEO). Dengan pesatnya perkembangan teknologi dan digitalisasi global, tidak diragukan lagi bahwa pemasaran digital merupakan keterampilan yang dibutuhkan saat ini dan di masa depan.

Berikut adalah beberapa jenis pekerjaan yang membutuhkan kemampuan digital marketing:

  • Digital marketing specialist
  • Product marketing manager
  • Social media strategist
  • Content marketing executive
  • SEO manager
  • Bidang marketing

Sumber : https://www.hotcourses.co.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai chat
Ada yang bisa kami bantu?
Semangat Pagi, Sahabat Prudent ada yang bisa kami bantu? PPDB 2023/2024 sudah dibuka yuk tanya admin lebih lanjut 😉